SMAN 1 Karanggede Sebagai Taman Belajar

(Oleh: Puji Asih Rahmadi, S.Pd)
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud ), Bapak Anies Baswedan pernah menghimbau untuk menciptakan sekolah menjadi sebuah taman bagi siswanya. Sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi tempat pembelajaran. Anies Baswedan juga mengatakan, bahwa Ki Hajar Dewantara telah mengilhami kita sejak dulu, beliau mendirikan institusi pembelajaran dengan menyebutnya Taman Siswa.

Pintu Gerbang SMAN 1 Karanggede

Seiring dengan himbauan tersebut SMA N 1 Karanggede dengan visinya menjadi sekolah unggulan yang menghasilkan lulusan yang cerdas, berkarakter, berdaya saing dan berwawasan lingkungan. SMA N Karanggede tengah menciptakan sekolah yang rindang dan nyaman layaknya taman untuk belajar.

Rindang menurut Ensiklopedia Indonesia berarti pohon yang banyak cabang, ranting dan daun. Lingkungan adalah suatu media dimana makhluk hidup tinggal, mencari, dan memiliki karakter serta fungsi yang khas serta terkait secara timbal balik dengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya (Elly M. Setiadi, 2006).
Manusia dan lingkungan mempunyai hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi, baik timbal balik yang bersifat

Lapangan Upacara dan Olahraga

positif maupun negatif. Supaya lingkungan memberi timbal balik yang positif hendaknya manusia selalu menjaga lingkungan agar manusia bisa hidup dengan nyaman, bersih, dan sehat dimanapun berada, baik itu di lingkungan rumah, lingkungan masyarakat, lingkungan kerja maupun lingkungan sekolah.

SMA N 1 Karanggede dengan konsep ramah lingkungan selalu berupaya untuk menjaga lingkungan supaya tetap asri dan hijau adalah. Udara yang bersih dan oksigen yang sehat, maka siapapun yang berada di lingkungan SMA N 1 Karanggede akan merasakan nyaman dan segar.

Halaman Kelas

Saat kita memasuki gerbang sekolah, kita akan disambut dengan pepohonan yang rindang. Kemudian ketika kita berada di lapangan tengah, kita akan dikelilingi pohon-pohon yang besar dan hijau. Tampak pula di depan setiap kelas juga terdapat taman beserta pepohonan yang asri, sehingga siswa bisa belajar dengan tenang dan nyaman.Sejauh mata memandang, kita akan melihat hijaunya dedaunan, sehingga membuat semua warga sekolah akan merasakan kesejukan dan menikmati udara yang terasa segar. Pada setiap sudut banyak sekali tanaman yang hijau dan rindang, sehingga membuat siswa betah untuk berada di lingkungan sekolah.

Sebagai warga sekolah, kiranya wajib untuk tetap menjaga agar lingkungan sekolah tetap asri dan nyaman, agar sekolah mampu memberikan lingkungan timbal balik yang positif terhadap manusia. Seperti halnya lingkungan sekolah SMA N 1 Karanggede yang rindang seperti taman belajar membuat warga sekolah nyaman, serta siswa bisa belajar dengan penuh semangat.


(Puji Asih Rahmadi, S.Pd.
adalah pengajar Geografi di SMAN 1 Karanggede.)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!